Sabtu, 13 Oktober 2012

Otak juga Butuh Istirahat

Seberapa beratkah kerja otak Anda selama sehari? Pasti otak bekerja keras saat Anda bekerja, berpikir, berolah raga, dan sebagainya. Otak akan tetap bekerja selagi Anda tidur sekalipun. Dan yang paling beresiko adalah tidak memberikan keringanan pada kerja otak Anda, sebab seharusnya otak diberikan saat dimana untuk bekerja tidak berat, yakni disaat kita sedang tidur.

Kerja otak yang paling rendah intensitasnya adalah hanya ketika Anda tidur, karena hanya bertugas mengatur metabolisme tubuh. Dan berikut ini adalah beberapa cara untuk benar-benar mengistirahatkan otak Anda ketika tidur.

1. Biasakan tidur dengan lampu padam
Sebagian orang mungkin tidak terbiasa tidur dengan lampu padam, dengan beberapa alasan seperti takut kegelapan dan sebagainya. Padahal jika lampu dibiarkan menyala ketika Anda mulai tidur hanya akan menambah daya kerja otak bagaimanapun caranya untuk menahan mata karena masih merasakan cahaya, sehingga terasa kurang rileks.

2. Jangan membiarkankan televisi menyala
Untuk yang satu ini paling umum, biasanya Anda tertidur saat sedang menonton dan televisi masih menyala. Padahal televisi yang masih menyala cukup mempengaruhi daya kerja otak karena suara yang masih terdengar oleh Anda, yang sedikitnya membuat Anda terusik atau terbangun ketika sudah tidur.


3. Hindari menggunakan handsfree
Apabila Anda terbiasa tidur dengan menggunakan handsfree untuk mendengarkan lagu hingga nantinya tertidur, sebaiknya hindari hal ini. Karena setidaknya suara yang langsung terdengar juga membuat otak agak terjaga ketika Anda tidur.

Jadi, apa sih efeknya?

Efek daripada beberapa hal diatas adalah menyebabkan istirahat Anda kurang nyaman, sama sekali tidak merasa segar ketika bangun, dan tetap merasa mengantuk walau selama apapun waktu tidurnya.

0 komentar:

Posting Komentar